Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD)

Hand Foot and Mouth Disease, atau yang lebih dikenal dengan singkatan HFMD, penyakit yang lagi naik daun saat ini. Seperti apa HFMD itu? Berikut ulasan awamnya.

1      PENYEBAB

Terutama disebabkan oleh infeksi Enterovirus, termasuk didalamnya adalah polioviruses, coxsackieviruses, echoviruses, and enteroviruses. Penyebab tersering adalah Coxsackievirus A16 (CA16) dan Enterovirus 71 (EV71).

2      PENULARAN

HFMD sangat menular.
Penularan terjadi dari satu orang ke orang yang lain melalui kontak dengan cairan/sekret hidung dan tenggorok (seperti liur, sputum, cairan hidung), baik kontak langsung ataupun lewat udara (melalui bersin atau batuk), dan juga dapat terjadi melalui kontak dengan cairan dari blister atau tinja penderita.
Penyakit ini tidak ditularkan dari hewan.
Negara dengan laporan peningkatan kasus HFMD adalah Tiongkok, Jepang, Hongkong, Korea, Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan, dan Vietnam.

3      GEJALA DAN TANDA

HFMD adalah penyakit infeksi virus yang umumnya menyerang anak berumur dibawah 10 tahun terutama bayi dan anak balita, walaupun kadang dapat terjadi pada orang dewasa.
Masa inkubasi adalah 3-7 hari.
Gejala yang muncul biasanya diawali dengan demam, kurang nafsu makan, sakit tenggorokan, dan malaise. Setelah itu akan muncul luka di mulut yang nyeri, awalnya bercak kemerahan yang kemudian berkembang menjadi ulkus.
Gejala lain yang timbul adalah munculnya bercak kemerahan (rash) dengan blister pada telapak tangan dan kaki penderita. Rash ini juga dapat muncul pada area lutut, siku, pantat, atau area genitalia penderita.

4      KOMPLIKASI

Penyakit ini biasanya sembuh sendiri dalam 7-10 hari walaupun tanpa pengobatan.
Komplikasi jarang terjadi. Kemungkinan komplikasi yang dapat muncul adalah dehidrasi, viral meningitis, ensefalitis, gangguan neurologis, dan lepasnya kuku tangan dan kaki yang reversible.

5      PENGOBATAN

Tidak ada pengobatan spesifik untuk penyakit ini. Pengobatan yang diberikan hanya simptomatis. Penderita disarankan untuk banyak minum air.

6      PENCEGAHAN

Tidak ada pencegahan khusus. Tidak ada vaksin untuk penyakit ini.
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti cuci tangan pakai sabun (CTPS) dapat menurunkan risiko penularan. Hal lain yang dapat dilakukan adalah sering mencuci mainan anak.

Referensi :

  1. http://www.wpro.who.int/mediacentre/factsheets/fs_10072012_HFMD/en/
  2. http://www.cdc.gov/hand-foot-mouth/about/index.html
  3. http://www.depkes.go.id/development/site/jkn/index.php?cid=1823&id=penyakit-tangan-kaki-mulut-(ptkm).html
  4. http://pppl.depkes.go.id/berita?id=1372

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *