Peningkatan Kapasitas Pengelola HIV Sulut 2016

Sejak terlaporkan pertama kali di Sulawesi Utara pada tahun 1997, tercatat adanya rata-rata penambahan kasus HIV/AIDS sebesar 18-25 kasus setiap bulannya. Sampai dengan bulan Februari 2016 tercatat ada sebanyak 2007 kasus yang tersebar di 15 kabupaten kota yang ada di Sulawesi Utara.
Sehubungan dengan hal tersebut, diperlukan adanya penguatan SDM Kesehatan baik yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Kota dan Puskesmas, agar dapat memberikan memberikan pelayanan yang bermutu dan komprehensif pada orang dengan HIV AIDS (ODHA), dengan memegang prinsip tiga pilar tujuan program pencegahan dan pengendalian AIDS, yakni zero new casezero death, dan zero discrimination.
Oleh karenanya, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara menyelenggarakan pertemuan :

  1. Peningkatan Kapasitas Pengendalian HIV dan IMS, yang dilaksanakan di SwissBell Hotel Manado pada tanggal 20-22 Juni 2016.
  2. Peningkatan SDM Konselor HIV, yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 23-25 Juni 2016.

Pertemuan ini dihadiri oleh petugas pengelola program AIDS di Dinkes Kab/Kota, petugas Puskesmas, dan dari NGO.

Pertemuan Peningkatan Kapasitas Pengendalian HIV IMS , dibuka oleh Sekretaris Dinas Drs Djonni Matali Apt, didampingi oleh Kepala Bidang Bina PMK dr Hendrik Tairas dan Kepala Seksi Bimdal Wabah dan Bencana. Lokasi : SwissBell Hotel Manado

Pertemuan Peningkatan SDM Konselor HIV dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara dr Jemmy Lampus M.Kes didampingi oleh Kepala Seksi Bimdal Wabah dan Bencana. Lokasi : Dinkes Prov Sulut .

Narasumber pertemuan ini adalah dr Agung Nugroho SpPD, dr Early Ombuh, dan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara; dengan materi terkait Kebijakan P2P AIDS, Situasi HIV AIDS di Sulut, Informasi Dasar HIV, Informasi Dasar Tuberkulosis, Kolaborasi TB-HIV, IMS, Tatalaksana HIV, serta Konseling dan Testing.
Selebihnya tentang HIV bisa dilihat di tautan ini.
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *